Iklan

logo

Makanan Ekstrim Di Gunungkidul Puthul Goreng yang Kini Sedang Viral


 (AuraGunungkidul.com)-- Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan sektor pariwisatanya seperti Pantai,Desa wisata,Air terjun dan lain sebagainya. Selain terkenal dengan pariwisata Gunungkidul juga sebagai gudangnya kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta..

Sayur Lombok ijo,Tiwul,Gathot,Bakmi Jawa dan masih banyak lagi. Di Gunungkidul juga terkenal dengan makanan ekstrimnya yaitu Belalang,Ungkrung, Tawon,Sate bekicot. Bahkan ketika wisatawan berkunjung ke Gunungkidul itu semua sering di jadikan sebagai oleh-oleh.

Salah satu makanan ekstrim yang telah viral di Gunungkidul adalah Puthul. Puthul merupakan binatang sejenis serangga yang hinggap di atas dedaunan, seperti pohon pisang,dan jati. Serangga ini dianggap sebagai hama bagi masyarakat pedesaan. Maka dari itu binatang yang hanya muncul ketika menjelang malam hari ini biasanya di buru oleh masyarakat untuk dikonsumsi maupun di jual.

Salah satu masyarakat yang suka mencari Puthul untuk dikonsumsi adalah Selamet warga Kalurahan Grogol, Kapanewon Paliyan. Ia adalah satu diantara dari masyarakat Paliyan yang suka berburu Puthul.

Selamat mengatakan bahwa untuk berburu Puthul ini sangatlah mudah. Bahkan kurang dari satu jam dirinya bisa mengumpulkan banyak Puthul dalam satu plastik hitam.

"Biasanya Puthul hinggap di pohon pisang ketika Puthul keluar dari sarangnya langsung di ambil saja",Papar Selamet.

" Puthul ini kami goreng untuk di konsumsi dan hanya  di beri bumbu garam, bawang putih", Tambahnya.

(Hermawan)




Posting Komentar

0 Komentar