Iklan

logo

Gelar Rintisan Kalurahan Budaya, Kalurahan Karangrejek Mengambil Tema Gumbregan


Wonosari, (AuraGunungkidul.com) - Pemerintah Kalurahan Karangrejek, Kapanewon Wonosari gelar Rintisan Kalurahan Budaya, pada Kamis (19/11/2020). Kegiatan ini dilaksanakan di balai desa Kalurahan Karangrejek.

Selama acara berlangsung, banyak sekali pertunjukan berbagai kesenian tradisi, budaya dari Kalurahan Karangrejek. Sebanyak 31 orang praktis kesenian juga terlibat dalam kegiatan ini

Wakidi salah satu panitia mengatakan, kegiatan ini mengusung tema gumbregan atau, tasyakuran hewa ternak milik para petani Kalurahan Karangrejek.

"Kali ini kami mengambil tema gumbregan atau bisa disebut syukur hewan ternak milik para petani. Dan kami juga menampilkan pertunjukan kesenian dari Kalurahan Karangrejek,"Papar Wakidi.

Sebagai rasa wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, warga Kalurahan Karangrejek selalu mengelar tradisi gumbregan, atau tasyakuran hewa ternak. Dalam pelaksanaannya warga berduyun-duyun datang ke balai setempat dengan membawa sejumlah makanan. Setelah makanan terkumpul lalu di do'akan oleh sesepuh adat setempat.

Tak hanya itu saja selain tradisi gumbregan panitia juga menampilkan permainan tradisional dolanan anak seperti cublak cublak sueng dan engrang. Seni karawitan dan tari juga ikut andil dalam acara ini.


(Redaksi)



Tonton Juga


Posting Komentar

0 Komentar