Iklan

logo

Viral Di Gunungkidul Ternyata Ada Keraton Gaib Jenggolo Manik



Playen, (AuraGunungkidul.com) - Beberapa waktu yang lalu team Smart News mendapatkan info akan keberadaan sebuah keraton gaib yang bernama Jenggolo Manik dari warga sekitar area tersebut. Cukup mengagetkan juga karena selama ini belum pernah terdengar kabar seperti ini bahkan sempat muncul cerita bahwa beberapa orang yang melakukan tetirah di tempat tersebut sering mendapatkan perhiasan emas. Tidak sabar untuk membuktikan kebenaran informasi ini maka team pun segera meluncur ke sana.

Sedikit di luar dugaan, rute menuju lokasi setelah dari jalan utama Playen - Dlingo Kabupaten Bantul, tepatnya di Padukuhan Getas, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan bebatuan menembus kawasan perkebunan warga hingga mobil harus terhenti karena lokasi harus dijangkau dengan berjalan kaki di tengah 'mbaon' (perkebunan yang menyerupai hutan). Kondisi ini menguatkan asumsi kenapa selama ini keberadaan keraton gaib ini tidak terdengar keluar.


Setelah beberapa saat perjuangan menguak rimbunan tanaman bahkan tanpa adanya jalan setapak, akhirnya sampailah team di lokasi dimaksud. Tampak beberapa kelompok bebatuan berujud seperti pelataran. Ada satu buah pelataran batu yang paling besar dan menurut nara sumber disinyalir sebagai pintu gerbang utama masuk ke dalam keraton.

Ini adalah pintu gerbang utama masuk ke dalam keraton Jenggolo Manik, di sebelah sini ada gentong besar dan siwurnya (gayung)" ungkap Munawar yang lebih familiar dipanggil Gembyong sambil menunjuk ke sisi kirinya.

Bila diamati secara kasat mata maka perwujudan pelataran batu ini tampak biasa saja. Tidak menunjukkan adanya tanda-tanda atau bekas sebuah bangunan kuno. Tidak ada ornamen atau motif dekorasi apapun layaknya sebuah keraton. Biasa dan alami saja. Namun aura yang dapat dirasakan seluruh anggota team sangatlah besar. Seperti ada suatu energi yang terpancar di seluruh lokasi tersebut.

"Justru malah orang luar daerah Gunungkidul yang sering nepi ke sini. Ada yang mendapatkan emas. Tapi ada juga yang bila tidak diijinkan oleh penghuni keraton, sepulang dari sini emasnya menghilang dan kembali lagi ke tempat ini," imbuh Gembyong.


Bila dikabulkan justru seseorang sehabis dari sini bisa mendapatkan emas di perjalanan pulangnya, iya emas asli," ia menambahkan. 

Di lokasi ini menurut Gembyong tumbuh sebuah pohon gaib yang sangat besar yang bila dilihat ujungnya sampai tidak tampak saking tingginya. Dan beberapa nama penghuni keraton ini yang sempat ia ketahui bernama 'Joko Slewah' dan 'Panglima Gagu'.

"Perlu pengetahuan yang lebih untuk mengungkap keseluruhan misteri keberadaan keraton gaib Jenggolo Manik ini," aku Gembyong.

Manusia dan jin adalah sama-sama makhluk ciptaan Allah. Hidup berdampingan di dunia yang sama namun berbeda dimensi. Sangat bijak bila alam ini harus terus dipelihara dan dilestarikan demi keharmonisan yang akan diwariskan ke anak cucu di kemudian hari.


(AB Suyanto)



Tonton Juga


Posting Komentar

0 Komentar